Komputer Dan Masyarakat oleh Ervan Kristanto

Tugas Komputer dan Masyarakat

Nama : Ervan Kristanto
Nim : 535030112

Mengapa saya memilih IT UNTAR

Sewaktu kecil saya memang sudah suka dengan komputer, walaupun dulu saya hanya suka dengan game komputernya saja. Orang tua saya pernah bercerita bahwa pada waktu kelas 1 SD (sekolah dasar) saya sudah sering mengutak atik komputer sendiri. Saya sering mencoba untuk menyalakan komputer sendiri walaupun pada saat itu saya belum tahu cara menggunakan komputer. Saya hanya asal menekan tombol yang ada dan yang bisa saya capai. Ayah saya pernah memarahi saya karena pernah membuat komputer menjadi hang. Kadang saya juga sering menggangu ayah saya jika beliau sedang mengerjakan sesuatu. Pada waktu kelas 3 SD keluarga saya mulai memperkenalkan dan mengajari saya bagaimana menggunakan sebuah komputer. Kelas 5 SD di sekolah saya ada ekskul komputer. Waktu itu sekolah saya di Santa Maria Fatima, jatinegara. Di sekolah itu saya mengikuti ekskul komputer dan saya belajar menggunakan ms-dos dan mendapatkan hasil yang bisa dikatakan baik. Kelas 6 SD saya mulai diajarkan untuk menggunakan lotus dan hasil yang saya peroleh juga baik. Sejak mulai mengerti menggunakan komputer, saya mulai mencoba sendiri di rumah. Tetapi saya lebih sering menggunakan komputer hanya untuk bermain game saja. Saya pernah membongkar komputer sendiri karena penasaran alat atau komponen apa saja yang ada di dalam komputer itu, tetapi setelah dibongkar saya sempat lupa tempat untuk memasangnya lagi. Saya mencoba-coba sendiri dan akhirnya bisa berfungsi lagi. Pada waktu itu game di komputer menggunakan disket, belum memakai Compact Disk (CD). Saya banyak menghabiskan waktu di rumah hanya untuk bermain saja sampai orang tua saya terkadang marah karena saya tidak pernah belajar. Saya pernah bertukar game dengan teman saya dan pada saat itu disket teman saya ada virusnya. Waktu itu saya belum tahu tentang virus. Saya di marahi ketika ayah saya ingin menggunakan komputer dan ternyata tidak jalan. Akhirnya untuk membersihkan virus di komputer saya meminta bantuan saudara saya yang pada saat itu juga kuliah di IT. Ia memberitahu saya bahwa virus adalah suatu program yang dapat merusak progam di dalam komputer. Ia juga memberitahu bahwa virus juga banyak jenisnya, ada yang dapat dihilangkan dengan anti virus dan ada juga yang tidak bisa. Jika tidak bisa dihilangkan maka komputer harus di format ulang dan data yang ada di dalamnya akan hilang. Mendengar itu semua saya jadi lebih berhati-hati jika ingin meminjam dan memasukkan disket ke dalam komputer. Biasanya saya cek dulu dengan program yang ada, jika bersih baru saya buka data yang ada dalam disket itu. Tetapi virus bukan hanya dapat disebarkan melalui disket atau cd tetapi bisa disebarkan dari internet atau e-mail. Saya pernah di beritahu jangan pernah membuka e-mail dari orang yang tidak kita kenal karena jika di buka dan itu ternyata isinya virus maka bisa langsung menyebar ke dalam komputer kita. Virus semakin lama juga semaikin canggih. Penting sekali di dalam komputer kita untuk menyediakan anti virus dan anti virus itu harus selalu di up date. Jika tidak maka anti virus kita tidak akan bisa mendeteksi virus yang semakin berkembang juga. Virus juga dapat ditularkan melalui hand phone. Virus dapat disebarkan melalui bluetooth. Saya juga di nasehati jangan menerima bluetooth dari orang yang kita tidak kenal karena bisa jadi itu adalah virus. Pada saat smp saya mulai diajari menggunakan program komputer yang lain seperti windows, microsoft word, microsoft excel, dll. Sejak itu saya sudah jarang main game lagi tapi saya lebih sering untuk mencoba program itu sendiri. Keluarga saya suka bertanya kepada saya kalu mereka ada yang tidak mengerti menggunakan program tersebut. Pada saat sma saya mulai diajarkan microsoft powerpoint dan microsoft yang lain dan mendapatkan sertifikat dengan nilai yang memuaskan. Saat itu sma saya di Budhaya1 santo agustinus. Keluarga saya pernah bertanya: kalau saya sudah lulus sma saya mau masuk universitas mana dan mau mengambil kuliah apa? Saya berencana sehabis sekolah sma saya selesai saya ingin langsung mencari kerja, tetapi sekarang ini cari kerja hanya dengan ijazah sma sangat susah walaupun ada itu paling hanya mendapatkan gaji yang kecil. Akhirnya saya memutuskan untuk tetap melanjutkan belajar ke perguruan tinggi. Dengan begitu maka saya akan lebih banyak mendapatkan wawasan belajar dan pengetahuan. Banyaknya pengetahuan dan ketrampilan yang kita miliki maka akan semakin mudah bagi kita untuk mencari pekerjaan dengan hasil yang memuaskan, bahkan kita dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri. Dengan meneruskan belajar ke perguruan tinggi saya juga mendapat banyak teman yang selalu membantu saya dalam kesulitan. Saya dapat belajar bekerja sama dengan orang lain karena manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa orang lain. Sangat penting bagi kita untuk belajar bersosialisasi dan itu bisa kita dapatkan di perguruan tinggi. Waktu itu saya berpikir bahwa di zaman sekarang tekhnologi semakin lama semakin canggih dan berkembang terus. Semua orang sudah mulai menggunakan tekhnologi komputer dan tekhnologi lain untuk mempermudahkan masyarakat dalam menyelesaikan pekerjaannya. Di sma saya pernah dikunjungi mahasiswa dari sebuah perguruan tinggi di jakarta. Di sana mereka mendemonstrasikan tentang fakultas IT. Mereka menunjukkan program dan game yang mereka buat sendiri. Walaupun game yang mereka tunjukkan tidak secanggih game sekarang tapi saya sangat tertarik. Pernah juga ada perguruan tinggi lain yang mendemonstrasikan tentang fakultas yang lain tetapi saya merasa tidak tertarik. Saya lebih tertarik pada demo fakultas IT. Ada saudara saya juga mebuka bisnis komputer di salah satu pertokoan di jakarta. Dia menjual game dan peralatan komputer. Kadang saya juga suka membantu saudara saya jaga di tokonya. Dulu tokonya masih jarang di kunjungi oleh pembeli. Tetapi sekarang ini tokonya sudah maju pesat. Permintaan akan game dan komputer terus meningkat. Banyak alat baru yang bermunculan yang lebih canggih. Sekarang ada yang namanya flash disk yaitu alat berukuran kecil yang dapat menyimpan data dengan jumlah yang besar. Flash disk merupakan pengganti dari disket atau cd. Kita hanya perlu mencolokannya ke cpu kita dan langsung bisa mentransfer data kedalamnya. Flash disk mempunyai ukuran penyimpanan yang berbeda. Ada yang bisa berkapasitas dua ratus lima puluh enam mega byte, lima ratus dua belas mega byte, bahkan ada yang berkapasitas sampai 1 giga byte. Flash disk lebih di sukai dan banyak digunakan orang karena bentuknya yang simple, mudah dibawa kemana saja, dan mudah untuk di gunakan. Harganya pun tidak terlalu mahal. Harga flash disk berkisar antara seratus ribu sampai dua ratus ribu rupiah tergantung seberapa besar kapasitas yang dapat di tampungnya. Komputer sekarang ini semakin di sempurnakan dan sangat berbeda dari jaman sebelumnya. Komputer jaman dulu masih berlayar cembung dan ukurannya kecil. Bentuknya besar yang sangat memakan tempat. Jaman sekarang komputer sudah ada monitor flat, ukurannya besar dan tidak memakan tempat banyak untuk meletakannya. Semakin besar layar monitor yang digunakan akan semakin enak untuk dilihat tergantung dari orangnya juga. Bahkan komputer pertama kali hanya sebuah mesin tenun. Sekarang komputer makin canggih. Dulu saya ingin tahu bagaimana caranya untuk membuat game sendiri. Saya suka bertanya pada diri saya sendiri bagaimana bisa hanya dengan membuat suatu gambar kemudian bisa di gerakkan dan dijadikan game. Pada saat sma saya mulai mengenal dengan game online dan offline atau biasanya disebut dengan LAN. Saya dan teman suka pergi ke warnet (warung internet) untuk bermain bersama. Bisa dibilang saya gamerz (orang yang suka dengan game). Saya mulai sering ke warnet untuk bermain game dari malam sampai pagi hari. Bahkan sampai saat ini pun saya masih sering untuk mencoba game baru yang keluar. Banyak orang tua yang tidak setuju kalau anaknya suka bermain game. Padahal dengan game maka kita dapat melupakan masalah yang sedang kita hadapi. Kadang saya juga tidak mengerti kalau orang yang suka bermain game pasti akan mendapat teman yang suka bermain game juga, orang yang suka hang out juga mendapat teman yang suka hang out, padahal kita tidak pernah memilih-milih orang yang akan dijadikan teman. Bisa dikatakan itu mengalir dengan sendirinya. Jadi kadang orang tidak bisa berhenti begitu saja terhadap sesuatu yang sudah ia sukai. Saya dan teman pernah mengikuti suatu pertandingan game yang di adakan oleh sebuah warnet di jakarta. Game waktu itu namanya counter strike. Game itu sangat seru, kita bermain kerja sama tim. Ada yang menjadi polisi dan ada yang menjadi terorist. Ada macam-macam map dalam game ini. Map yang berbeda maka berbeda juga tugas dari masing-masing peran. Kadang tugas polisi harus menyelamatkan sandera atau menjinakkan bom yang dipasang terorist. Jika misi itu berhasil maka polisi yang menang. Begitu pula dengan teroris, ia harus bisa menyalakan bom di tempat yang sudah ditentukan dan menjaga hingga bom itu meledak atau harus menjaga sandera agar tidak di selamatkan para polisi. Jika berhasil maka teroris yang menang. Saya menangkap dalam game ini mengajarkan orang dalam menyusun strategi dan bagaimana kita dapat bekerja sama dalam tim. Pertandingan itu akhirnya kita menangkan dan sekaligus menyadari saya kalau game juga bisa menghasilkan uang. Dengan seringnya bermain game saya juga menjadi tahu game seperti apa yang disukai oleh masyarakat sekarang ini. Pada saat sekarang ini game yang umumnya disukai masyarakat adalah dota allstar. Game ini juga sangat seru. Dalam game ini kita juga diajarkan kerja sama tim. Dalam tim maksimal 6 orang dan hanya ada 2 tim. Dalam setiap tim diharuskan menghancurkan markas salah satu tim dan jika ada markas tim yang hancur maka tim itu dikatakan kalah dan sebaliknya yang menghancurkan maka tim itu yang menang. Di sini kita dapat memilih bermacam hero atau jagoan yang akan kita pakai dan pada setiap hero ada skill atau kemampuan yang berbeda. Di game ini kita harus pintar untuk mencari uang dari monster yang ada. Dan uang itu nantinya bisa dibelikan item atau barang yang akan di gunakan oleh hero kita. Ada berbagai macam pilihan item dan kegunaanya berbeda-beda. Ada item untuk hero agility yaitu hero yang mengandalkan damage dan kecepatannya, ada hero strength yaitu hero yang mengandalkan kekuatan dan banyaknya darah yang dimiliki, ada hero inteligence yaitu hero yang mengandalkan banyaknya mana untuk mengeluarkan magic. Dengan menggunakan item yang kita beli dapat memperkuat hero yang kita gunakan. Di game ini kita juga diajarkan bagaimana menyusun strategi dan kerja sama tim yang baik untuk menang. Ada juga game seperti game rpg yaitu kita harus berpetualang untuk menaikkan level kita. Semakin tinggi level kita maka akan semakin kuat. Game seperti ini yang favorite adalah game risk your life dan seal online. Dalam game risk your life ada bermacam job yang dapat kita pilih. Di game ini kita bisa berperan sebagai manusia atau human dan monster atau akhan. Jika kita berperan sebagai human kita dapat memilih job seperti warior, defender, cleric, priest, assasin, archer, enchanter dan sorcerer. Beda job maka beda juga kemampuan atau skill yang dimiliki. Warior mempunya serangan fisik yang besar tapi ketahanannya kurang. Defender mempunyai ketahanan fisik yang besar tetapi serangannya kurang. Sorcerer mempunyai serangan magic yang besar tetapi serangan fisik dan ketahanannya kurang juga dapat memanggil temannya langsung ke tempatnya, semacam teleport. Enchanter juga memiliki serangan magic yang besar dan mempunyai kemampuan untuk menambah attack pada dirinya sendiri dan temannya. Priest mempunyai skill untuk menambah armor atau pelindung pada dirinya sendiri dan temannya. Cleric dapat menyembuhkan atau memulihkan nyawa temannya dan dapat menghidupkan kembali teman yang sudah mati. Assasin mempunyai skill untuk menghilang dan mempunyai serangan yang cepat. Archer juga mempunyai skill untuk menghilang tetapi senjata yang di gunakan berupa panah dan dapat menyerang dengan jarak yang sangat jauh. Jika kita berperan sebagai akhan jobnya juga banyak jenisnya seperti attacker, templar, rune off, shadow off, life off. Attacker mempunyai kemampuan serangan fisik yang besar. Templar mempunyai kemampuan ketahanan fisik yang besar. Rune off mempunyai serangan magic yang besar sekaligus dapat menambah damage untuk dirinya sendiri dan temannya. Shadow off mempunyai kemampuan untuk menghilang dan mempunyai serangan yang cepat. Life off dapat menaikkan armor dirinya sendiri dan temannya juga dapat menyembuhkan dan menghidupkan kembali nyawa seseorang. Dalam game ini kita bisa menaikkan level hingga 99. Untuk menaikkan level orang biasanya menyebutnya dengan hunt. Agar cepat naik levelnya kita dapat hunt secara kelompok atau group. Ada beberapa macam tempat hunt tergantung level kita. Semakin tinggi level kita maka musuh yang akan kita hadapi juga semakin berat. Di sini kita berlomba untuk jadi level yang paling tinggi. Human dan akhan saling bemusuhan. Kita juga dapat menggangu human atau akhan dalam huntnya sehingga orang jadi lebih susah untuk menikkan levelnya. Human dan akhan saling membunuh. Di game ini kita di ajarkan dalam kerja sama tim yang baik dan kemampuan individual kita. Jika kita dapat membunuh akhan atau human maka kita akan mendapat fame. Semakin banyak fame yang diperoleh menunjukkan banyaknya akhan atau human yang sudah kita bunuh. Di sini kita dilatih untuk gesit dan pintar dalam mengkombinasikan skill. Saya pernah mencoba game ini sangat lama sekali. Sampai saya sudah lupa berapa uang yang saya keluarkan untuk bermain game ini. Game ini memang sangat seru dan menurut saya game risk your life inilah yang paling bagus dan kelihatan real atau nyata. Saya juga pernah menjual karakter yang saya miliki dengan harga yang tinggi. Game online seperti ini yang meinkan level, kita dapat menjual karakter kita ke orang lain dengan harga yang tinggi tergantung level yang kita dapat. Semakin tinggi level dari karakter kita maka akan semakin mahal harga jualnya. Saya pernah menjual karakter saya yang baru level 70 an saja sampai tiga ratus ribu rupiah. Bisa di hitung kalau kita bermain game tidak hanya menghabiskan uang tetapi juga dapat uang dari yang kita mainkan dan tidak semua game buruk bagi anak-anak bahkan game dapat melatih seseorang menjadi lebih gesit dan berpengalaman. Game seal online hampir sama dengan risk your life dan RO atau ragnarok. Kita juga harus menaikkan level yang tinggi sampai batas level yang di tentukan. Di game ini juga ada berbagai macam job yang dapat kita pilih. Game ini menyediakan tempat khusus untuk tiap orang perang dan berkompetisi untuk mengadu kemampuan. Jadi orang dapat dengan tenang menaikkan level tanpa gangguan siapa pun. Begitu pun dengan game ragnarok. Kita dapat berganti job sampai beberapa kali tergantung level yang kita peroleh. Di game ini juga disediakan tempat untuk mengadu kemampuan dengan orang lain bahkan sampai disediakan hari dan waktu tertentu untuk saling bertanding. Hari itu dalam ragnarok biasa disebut dengan WOW. Ada juga game O2 jam dan additional dance. Game ini dapat melatih dalam ketangkasan dan kegesitan tangan. Game ini memang hanya orang tertentu yang suka. Ada game online juga namanya tantra tapi saya belum pernah mencoba game itu. Katanya game itu juga sama dengan game online yang lain. Ada game yang katanya buatan indonesia yaitu gun bound. Game ini memang seru. Kita hanya memilih kendaraan dan tim. Tiap kendaraan mempunyai senjata yang berbeda. Kita harus menghancurkan semua kendaraan tim lawan. Yang menang akan mendapatkan uang. Jika sudah mengumpulkan uang dengan banyak maka kita dapat membeli avatar yaitu alat yang dapat dipakai oleh karakter dalam game itu. Kita bisa membeli baju emas, kaca mata, topi dll. tiap avatar yang kita pakai akan menambah kekuatan kita. Semakin mahal harga avatar yang di beli maka akan semakin kuat karakter kita. Ada juga game olah raga seperti golf. Nama gamenya adalah pangya. Saya kurang mengerti main game ini karena baru pernah mencoba beberapa kali. Setiap game online pasti mempunyai game master alias GM yang tugasnya mengatur dan mengawasi game tersebut. Seseorang yang membuat game pasti tidak luput dari kesalahan. Masalah itu biasa disebut orang dengan bug. Ada juga orang yang dapat menyusup masuk ke dalam suatu program game online untuk mendapatkan cheat. Orang yang seperti itu bisa di namakan sebagai hacker, mengambil atau mengubah sesuatu tanpa seizin yang punya. Kita dapat melaporkan orang yang menggunakan cheat atau memanfaatkan bug tersebut ke game master. Tugas game master itu untuk mencek apakah itu benar atau tidak. Jika benar maka game master dapat ngeband atau memutuskan id orang itu atau dapat ngeband ip orang itu. Game master mempunyai kuasa dalam game tersebut tapi biasnya game master tidak boleh ikut bermain dalam game itu. Game master dapat juga bersikap tidak adil. Pernah saya mendengar cerita dari teman saya, katanya dia pernah melaporkan orang yang berlaku curang di dalam suatu game tapi berhubung yang di laporkan teman saya adalah temannya GM itu maka orang itu tidak di band kemudian beberapa hari kemudian id teman saya yang di band. Setelah baca forum pada game tersebut game master itu malah bilang kalau teman saya memfitnah karena tidak ada bukti. Id adalah nama yang digunakan dalam suatu game biasa disebut identitas dan harus disertai password agar tidak semua orang dapat menggunakan id kita. Pembuatan id juga tidak sembarangan. Ada langkah yang harus dilakukan dan itu tidak mudah. Biasanya pembuatan id hanya boleh satu kali. Setelah kita membuat id maka ip kita akan segera diketahui dan kita tidak bisa membuat id lagi dengan ip yang sama. Kadang kita harus menunggu beberapa bulan lagi agar dapat membuat id yang baru dengan ip yang sama. Zaman sekarang ini banyak game online yang bermunculan. Saya juga pernah mendengar tentang adanya world championship game biasa disingkat dengan nama WCG. World championship game merupakan suatu wadah untuk menyalurkan bakat orang dalam bermain game. Di sana para gamerz dari seluruh dunia dapat bertemu dan bersaing untuk jadi yang ke satu atau pertama. Bahkan hadiah yang di tawarkan jika kita menjadi pemenang bisa mencapai ratusan juta rupiah. World championship game merupakan ajang bergengsi dari para gamerz. Di sana kita dapat melihat keahlian orang dalam bermain game yang sangat unik dan sangat menguasai game tersebut. Saya pernah melihat di majalah world championship game yang di adakan di jepang. Peserta nya sangat banyak sekali bahkan bisa mencapai ratusan ribu orang. Game yang di pertandingkan di world championship game biasanya yang menggunakan tim seperti counter strike atau dota allstar. Di sini orang dilatih kerja sama yang baik, komunikasi yang baik dan strategi untuk menang. Berhubung dengan majunya tekhnologi dan banyaknya orang menggunakan dan memainkan internet atau game online maka sekarang ini banyak orang mengmbil kesempatan itu untuk membuka suatu bisnis. Banyak orang memanfaatkan kesempatan ini dengan membuka bisnis warung internet biasa di singkat dengan nama warnet. Di bukanya bisnis warung internet ini sangat menguntungkan banyak orang khususnya mereka yang di rumahnya tidak ada fasilitas komputer atau internet. Di warung internet ini orang dapat membuka internet dan memainkan game online dengan harga yang terjangkau. Dalam warung internet terdapat banyak komputer dan biasanya sewa per jam internet atau game online hanya berkisar antara dua ribu sampai lima ribu rupiah tergantung tempat warung internet yang menetapkan harganya. Saya rasa bisnis warung internet sekarang ini sangat menguntungkan. Saya melihat warung internet di berbagai tempat banyak dikunjungi orang bahkan orang bisa mengantri untuk main game online atau menggunakan internet. Ada teman saya yang ikut membuka bisnis warung internet ini karena sangat menguntungkan. Dia membuka bisnis warung internet ini dekat dengan sekolah dan kampus di salah satu tempat di jakarta timur. Dan terbukti memang bisnis warung internet sangat menguntungkan. Keuntungan yang di dapatkan olehnya dapat menutup segala pengeluarannya. Tempat dia berbisnis tidak pernah sepi dari pengunjung. Malahan warung internet ini dapat buka dua puluh empat jam non stop karena tidak pernah sepi pengunjung. Saya juga pernah mendengar cerita beberapa orang katanya main di warung internet lebih menyenangkan dari pada main di rumah, walaupun dirumahnya sudah ada fasilitas komputer dan internet. Kata mereka kalau main di rumah tidak seru. Suasana jika kita bermain di rumah pasti sepi. Dalam memainkan game suasana sangat berpengaruh. Jika suasananya semakin nyaman, seru maka orang yang bermain game akan lebih enak dan nyaman. Di situlah mengapa warung internet sangat disukai masyarakat sekarang ini. Tetapi ada juga warung internet yang kurang sukses karena lambat dalam membuka internet. Warung internet juga harus didukung peralatan yang canggih agar dapat berpikir dengan cepat sehingga orang tidak terlalu lama menunggu dalam membuka gambar atau sesuatu dari internet. Bisnis warung internet memang membutuhkan modal yang tidak sedikit tetapi hasil yang diperoleh dapat lebih menguntungkan dari pada pengeluarannya. Saya juga suka bermain internet seperti chatting, friendster atau browsing ke sana sini. Saya juga pernah mendengar kalau komputer harus menggunakan microsoft yang asli. Kita harus membeli satu cd microsoft dan hanya boleh di install pada satu komputer saja. Jika tidak maka akan terkena pelanggaran dan denda. Jika kita membuka situs microsoft di internet maka pihak microsoft akan dapat melacak apakah microsoft yang kita pakai asli atau palsu. Saya dengar di indonesia sudah ada peraturannya bahwa microsoft yang digunakan harus asli. Sudah ada warung internet yang di kenakan denda dan sanksi karena melanggar peraturan itu. Warung internet tersebut tidak menggunakan microsoft yang asli. Sekarang pemerintah sudah mulai memeriksa sampai ke kantor. Beberapa tahun kemudian pemerintah akan mencek ke perumahan dan pemakaian pribadi. Tetapi masih banyak orang yang tidak peduli dengan aturan seperti itu. Seperti ada iklan bilang sudah tahu kenapa masih dilanggar? kan tidak ada yang lihat. Iklan seperti itu sangat real dengan kenyataannya. Bahkan ada iklan yang menyinggung tentang keadaan yang terjadi di indonesia dan memang itulah kenyataannya. Dengan adanya internet kita tidak perlu repot untuk mencari informasi atau mengirim informasi karena di internet sudah tersedia semua sarananya seperti e-mail dan google. Di google dengan menulis apa yang ingin kita ketahui kemudian di search maka google akan segera menemukan informasi itu. Informasi yang di dapat juga selalu up to date. Kita juga dapat mengunjungi alamat situs web yang ingin kita ketahui. Dalam setiap web terdapat keunikan dan keindahan masing-masing. Orang membuat webnya semenarik mungkin agar banyak orang yang masuk ke dalam webnya dan membuat web itu menjadi terkenal dan banyak di gunakan orang. Dengan teknologi yang canggih itu maka semua yang kita lakukan dapat menghemat waktu, biaya, dan tenaga. Melihat kegiatan saya yang selalu berhubungan dengan komputer dan karena saya suka dengan komputer maka keluarga dan saya memutuskan pada saat kuliah nanti saya akan mengambil fakultas IT. Sebenarnya saya sempat ragu untuk masuk ke IT karena beberapa orang bilang bahwa belajar di IT susah dan memerlukan modal yang besar. Masuk IT berarti kita seminimal mungkin harus mempunyai komputer dan mengerti menggunakannya. Kita juga harus bisa mengikuti perkembangan teknologi dunia agar tidak ketinggalan jaman. Teknologi handphone yang setiap tahun bermunculan dengan keunggulannya masing-masing seperti infrared, bluetooth, camera, mp3, 3G harus bisa dengan cepat kita ketahui dan kuasai kegunaannya. Sekarang ini banyak jenis merek hand phone yang keluar dengan berbagai tipe. Seperti merek nokia sudah ada puluhan tipe yang keluar. Ada juga merek samsung, sony, ericsson, haier, lg, philips, motorola dll. itu membuktikan banyaknya peminat untuk menggunakan hand phone. Technologi seperti bluetooth memang sangat di butuhkan. Orang sekarang dapat dengan mudah untuk mengirim data, gambar, lagu dengan waktu yang singkat. Kemudian muncul hand phone sekaligus daat digunakan sebagai pc. Ada juga dopod yaitu handphone sekaligus pocket pc dengan layar touch screen. Di indonesia sekarang ini sedang berlomba dengan masuknya tekhnologi 3G. Provider hand phone cdma maupun gsm bersaing untuk menjadi yang pertama dalam menggunakan teknologi 3G. Dulu jika kita menghubungi orang lain kita hanya dapat mendengar suaranya saja tetapi dengan 3G kita tidak hanya mendenga suaranya saja tetapi kita juga bisa melihat orangnya di layar hand phone. 3G juga dapat digunakan untuk menonton televisi dari layar hand phone. Tetapi karena saya sudah suka dengan tekhnologi dan komputer maka saya tetap mengambil IT. Belajar dengan adanya rasa suka maka akan menimbulkan minat saya untuk terus belajar melalui berbagai macam cara untuk menguasai hal yang kita sukai. Banyak orang yang hanya mengikuti teman-temannya saja dalam mengambil program studi dan memilih perguruan tinggi. Orang tua saya bilang saya harus bisa mengambil keputusan sendiri dan memilih yang memang benar saya sukai jangan mengikuti orang lain yang nantinya akan merugikan diri sendiri. Nasihat itu ternyata memang benar karena ada salah satu teman saya yang salah memilih. Orang tua saya juga berkata sebelum memilih suatu program studi yang akan kita ambil sebaiknya kita harus mempunyai keinginan suatu program studi yang menjadi pilihan akan dapat diikuti dan diselesaikan dengan baik, harus benar dari minat pribadi dan harus mantap dengan pilihan tersebut. Dengan memilih IT saya dapat melihat bahwa saya akan mudah mendapatkan pekerjaan karena zaman sekarang ini serba memakai tekhnologi. Bahkan di luar negri hampir semua aspek menggunakan tekhnologi seperti untuk masuk tol atau naik kereta api hanya menggunakan kartu saja, biasa di kenal dengan nama smart card. Setelah lulus sma saya mendaftarkan diri ke berbagai universitas atau perguruan tinggi di jakarta. Pilihan saya pertama mencoba di universitas bina nusantara (binus) karena banyak orang bilang bahwa binus adalah universitas yang bagus untuk bidang komputernya. Saya ingin mendaftar di sana tetapi tidak bisa karena untuk mengambil IT di univ. Binus harus dari jurusan IPA sedangkan saya berasal dari jurusan IPS, jadi saya tidak bisa masuk ke sana. Saya juga ingin mendaftar di univ. Gunadarma tetapi lokasinya jauh dari rumah saya dan kendaraan umumnya juga susah didapat. Sebenarnya semua universitas sama saja tergantung bagaimana dengan diri kita sendiri. Di universitas lain jarang ada fakultas IT nya dan jarang yang sudah terakreditasi A. Keluarga saya ingin menguliahi saya di universitas yang bagus dan sudah terakreditasi A. Ternyata di universitas tarumanagara ada fakultas IT dan tidak harus dari jurusan IPA yang boleh mengambil fakultas tersebut melainkan dari jurusan lain boleh untuk mengambilnya. Kebetulan kakak saya juga kuliah di sana. Dia mengambil fakultas design, jadi untuk akses ke UNTAR lebih mudah. Saya juga melihat bahwa lokasi kampus universitas tarumanagara ini cukup strategis karena bisa ditempuh hanya dengan mengambil jurusan grogol. Tetapi saya belum bisa mengambil keputusan bahwa saya akan masuk universitas ini. Saya harus melihat universitas ini dari semua aspeknya agar saya tidak menyesal masuk ke dalam universitas ini. Kemudian saya mengambil brosur tentang IT di universitas ini. Saya melihat latar belakangnya bahwa program studi IT ini sudah memperoleh peringkat A dari badan akreditasi nasional perguruan tinggi departemen pendidikan nasional RI. Dilihat dari kurikulum pendidikannya dikatakan bahwa kurikulum pendidikan dilengkapi dengan praktikum komputer dan lulusan program studi IT ini akan mempunyai ketrampilan untuk membuat program komputer dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman, merancang dan mengembangkan situs internet atau web, menguasai sistem kerja komputer dan mampu menggunakan program aplikasi terkini. Dilihat dari tujuan pendidikan, program studi ini bertujuan membekali lulusan dengan pengetahuan dan ketrampilan dasar profesi di bidang ilmu komputer, membekali lulusan dengan kemampuan berinisiatif dan analitis untuk mengevaluasi maupun menyelesaikan masalah, membekali lulusan dengan kemampuan untuk mengembangkan diri dalam jenjang karier, berwira usaha, maupun studi lanjut. Sarana pendukungnya juga bagus karena dilengkapi dengan berbagai macam laboratorium yang juga dilengkapi dengan fasilitas internet yang dapat diakses bebas melalui jaringan wireless yang berada di lingkungan fakultas IT tersebut. Saya juga melihat lapangan kerja untuk bidang ini sangat banyak dibutuhkan. Setelah melihat semua ini saya yakin universitas ini bagus dan saya tidak akan menyesal di kemudian harinya. Akhirnya saya memutuskan untuk mengambil program studi IT di universitas Tarumanagara (UNTAR). Saya mengambil jurusan IT bukan SI atau SK karena waktu kecil saya sudah bercita-cita untuk menjadi programmer, web master, membuat suatu program atau teknologi modern yang dapat membuat semua kegiatan masyarakat di dunia menjadi lebih efektif dan efisien, bahkan saya ingin membuat situs website sendiri yang isinya berupa semua informasi terlengkap yang dibutuhkan masyarakat. Di dalam formulir pendaftaran universitas tarumanagara ini terdapat dua pilihan program studi. Pilihan pertama saya adalah IT dan yang kedua ekonomi. Pada saat ujian saringan masuk saya langsung diterima di IT. Saya senang belajar di UNTAR ini karena di perguruan tinggi ini saya diarahkan untuk menjadi manusia yang terdidik, belajar untuk menjadi manusia yang berguna, belajar untuk menjadi manusia yang dapat bergaul secara sopan dalam masyarakat dan belajar berpola pikir kreatif, inisiatif, analistis, sistematis serta kritis. Di Universitas Tarumanagara ini saya dapat menimba dan mengembangkan ilmu, pengetahuan dan seni. Bukan hanya itu, universitas tarumanagara juga menyediakan kegiatan ekstrakulikuler bagi mahasiswa di kampus yang biasanya dikenal dengan nama unit kegiatan mahasiswa (UKM). Jadi mahasiswa dapat belajar menimba ilmu pengetahuan dan juga dapat menyalurkan hobi atau bakatnya, tanpa menggangu kuliah yang ia jalani. Di universitas tarumanagara ada UKM olahraga, kesenian, wacana atau bakat, kerohanian dan UKM organisasi mahasiswa. Pada tahun ajaran baru mulai setiap UKM biasanya mengadakan demo tentang kegiatannya dan apa yang dilakukan dalam UKM tersebut. Demo kegiatan itu bagus sehingga dapat membuat saya serta mahasiswa yang lain mendapatkan informasi untuk memilih UKM yang saya sukai. Unit kegiatan mahasiswa yang saya ikuti adalah basket. Bisa di bilang basket adalah hidup kedua saya. Saya sudah bermain basket dari kelas 1 sekolah menengah pertama. Basket merupakan olah raga yang sempurna. Semua anggota badan kita terbentuk dari kita bermain basket. Bukan hanya itu saja, basket juga dapat membuat badah kita sehat, melatih tulang kita menjadi lebih kuat dan dapat membuat kita menjadi lebih tinggi. Seperti ada pepatah bilang : di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa dan pikiran yang sehat pula. Saya juga pernah mengikuti pertandingan basket yang di adakan di wilayah saya. Banyak orang yang jago bermain basket. Saya pernah jadi orang yang gila basket. Semua pernak pernik basket saya koleksi. Saya sampai mengoleksi sepatu basket yang di pakai oleh para Nba. Saya juga pernah mengoleksi kartu bergambar atlet basket. Semua olahraga mempunyai resiko jika kita tidak melakukan dengan benar. Sebelum olah raga diwajibkan kita untuk melakukan streching atau pemanasan agar otot dan urat kita tidak kaku. Pernah saya tidak melakukan pemanasan yang mengakibatkan kaki saya kram. Olah raga lain yang saya suka adalah olah raga biliard atau bola sodok. Biliard adalah olah raga yang santai. Tidak banyak tenaga yang dikeluarkan dari olah raga biliard ini. Biasanya saya bersama teman saya main biliard seminggu satu kali. Biarpun kelihatannya gampang, hanya menyodok bola dan memasukannya ke lobang, olah raga ini tidak semudah kelihatannya. Biliard memerlukan tingkat konsentrasi yang tinggi untuk memainkannya. Olah raga ini juga memerlukan ketrampilan dalam memainkannya. Di olah raga biliard ini kita dapat memainkan skill kita dalam menyetel bola satu ke bola lainnya. Kita juga bisa memainkan efek dalam memukul bola. Saya pernah melihat di internet orang yang sedang melakukan trick shot dalam permainan biliard. Tidak semua orang dapat melakukan trick shot dalam olah raga biliard ini. Saya melihat pukulan yang sangat luar biasa bahkan sangat jarang sekali orang yang dapat melakukan pukulan itu.

Biasanya saya main biliard bersama dengan teman saya. Selama saya masuk IT Universitas Tarumanagara saya pernah tidak sanggup untuk terus bertahan di IT bahkan saya sempat mendapatkan surat drop out dari universitas. Kemudian untuk memperbaiki nilai yang kurang saya mengikuti kursus atau les untuk pelajaran yang kurang saya kuasai. Dan dengan mengikuti kursus tersebut saya dapat terhindar dari DO. Sebelum masuk di IT saya berpikir bahwa belajar di IT semuanya langsung praktek di depan komputer. Saya tidak menyangka kalau mata kuliah di IT banyak mengambil pelajaran dari IPA, sedangkan saya sewaktu sma ada di IPS. Tetapi sekarang saya menyadari bahwa pelajaran dasar yang diberikan sangat membantu. Tenaga pengajar atau dosen yang profesional membuat saya dapat mengerti dan memahami mata kuliah yang dijelaskan, walaupun ada beberapa yang kurang. Senior yang ada juga sangat baik, enak untuk diajak tukar pikiran. Dengan adanya fasilitas internet juga dapat memudahkan mahasiswa untuk belajar sendiri dan memudahkan dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh tenaga pengajar atau dosennya. Fakultas IT di universitas tarumanagara juga sering mengadakan seminar yang berhubungan dengan IT. Jika kita mengikuti seminar di luar kampus maka biaya yang kita keluarkan akan lebih mahal tetapi dengan adanya seminar di kampus maka biaya yang dikeluarkan akan lebih murah dan mahasiswa yang mengikuti seminar tersebut akan mendapatkan pengetahuan yang lebih berguna dengan hal yang diseminarkan tersebut. Pada waktu itu saya mengikuti seminar mengenai hacker. Apa saja yang dilakukan oleh para hacker dan di seminar itu juga diajarkan bagaimana mencegah atau memproteksi suatu program dari para hacker. Saya juga pernah melihat perlombaan merakit komputer di kampus universitas tarumanagara ini. Dengan adanya perlombaan tersebut maka mahasiswa akan lebih termotivasi untuk mengetahui seluk beluk atau isi dari dalam komputer itu dan menjadi lebih paham kegunaan dari setiap part/alat yang ada di dalam komputer. Kemudian ada juga bazar yang diadakan oleh fakultas IT universitas tarumanagara. Bazar ini sangat membantu saya dalam mendapatkan barang komputer dengan harga yang terjangkau. Melihat adanya kegiatan seperti seminar, perlombaan, bazar teknologi, dll menyadari saya bahwa banyak hal berguna yang saya dapatkan dari IT universitas tarumanagara ini. Di Universitas tarumanagara saya tidak saja dijejali oleh buku saja tetapi ada juga kegiatan olahraga yang membuat badan saya sehat, pikiran jernih, banyak teman, dan membuat saya tidak bosan terhadap pelajaran saya. Laboratorium yang nyaman dengan assistennya yang bersahabat membuat praktek lebih menyenangkan sehingga saya dapat sangat mengerti dan memahami yang diajarkannya. Disini saya diajarkan membuat suatu animasi yang terlihat bagus, membuat suatu jaringan komputer baik LAN maupun WAN, membuat berbagai macam program dan juga diajarkan menggunakan bahasa program. Di IT universitas tarumanagara ini saya mendapatkan semua pengetahuan mengenai komputer, program dan tekhnologi yang lain. Perpustakan yang ada di UNTAR ini besar dan lengkap. Mempunyai berbagai macam buku dari setiap fakultas yang juga dapat menunjang saya dalam mencari informasi dan pengetahuan lebih. Tidak hanya itu saja, di perpustakaan kita juga dapat belajar kelompok dengan nyaman. Sejak saya masuk di IT universitas tarumanagara sampai saat ini saya sudah mulai bisa untuk membuat suatu program, animasi, membuat game kecil, website, jaringan walaupun baru dengan tahap kecil. Dengan terus belajar dan berguru di IT universitas tarumanagara ini saya dapat memperoleh atau meraih cita-cita yang saya inginkan. Di universitas tarumanagara bakat dan kreativitas kita mudah berkembang karena ditunjang dengan sarana dan prasarana yang lengkap dan bagus. Saya juga mendengar kalau lulusan IT di universitas tarumanagara ini mudah mencari pekerjaan. Setelah lulus nanti saya berencana untuk membuka perusahaan sendiri, itu juga kalu bisa. Saya ingin membuat komputer yang belum pernah di buat oleh orang lain. Pelajaran yang baik adalah berasal dari pengalaman. Terima kasih telah membaca ini.

Leave a Reply

